Selasa, 03 Januari 2012

RSS (Really Simple Syndication)



Apa itu RSS?
RSS singkatan dari "Really Simple Syndication". Ini adalah cara untuk dengan mudah mendistribusikan daftar judul, pemberitahuan update, dan kadang-kadang konten ke beberapa macam orang. Hal ini digunakan oleh program komputer yang mengatur dan pemberitahuan berita utama mereka untuk membaca mudah.
 

Apa fungsi RSS?
Kebanyakan orang tertarik pada banyak situs yang isinya berubah setiap saat pada saat yang tidak terduga. Contoh website tersebut adalah situs berita, masyarakat dan organisasi keagamaan, halaman informasi produk, website medis, dan weblog. Melakukan kegiatan memeriksa setiap situs web untuk melihat apakah ada konten baru bisa sangat membosankan.

Pemberitahuan email perubahan merupakan solusi awal untuk masalah ini. Sayangnya, ketika Anda menerima notifikasi email dari beberapa situs Web, biasanya notifikasi tersebut tidak teratur dan seringkali dianggap sebagai spam.

RSS adalah cara yang lebih baik untuk memberitahu Anda mengenai konten apa saja yang baru dan berubah. Pemberitahuan perubahan untuk beberapa situs Web ditangani dengan mudah, dan hasilnya disajikan kepada Anda terorganisir dengan baik dan berbeda dari pemberitahuan email pada umumnya.



Informasi apa yang diberikan oleh RSS?
RSS memberikan informasi yang sangat dasar untuk melakukan notifikasi. Hal ini terdiri dari daftar item yang disajikan dalam urutan dari terbaru ke terlama. Setiap item biasanya terdiri dari sebuah judul yang sederhana menjelaskan item bersama dengan penjelasan yang lebih lengkap dan link ke sebuah halaman web dengan informasi yang sebenarnya sedang dijelaskan. Kadang-kadang penjelasan ini adalah informasi lengkap yang ingin Anda baca (seperti isi posting weblog) dan kadang-kadang itu hanya ringkasan.

Dimana Saya Bisa Memperoleh RSS Reader? Beberapa browser, seperti versi terbaru dari Firefox dan Safari telah disediakan fasilitas RSS. Jika Anda menggunakan browser yang saat ini tidak mendukung RSS, ada berbagai pembaca RSS yang tersedia di web, beberapa bebas untuk download dan lain-lain yang tersedia untuk dibeli.
 

Bagaimana Apakah saya Gunakan RSS Feed? Langkah pertama adalah memilih aplikasi pembaca RSS. Pembaca masing-masing memiliki cara yang sedikit berbeda dari menambahkan feed baru. Ikuti petunjuk untuk pembaca Anda, tetapi, dalam banyak kasus, di sini adalah cara kerjanya:
  • Klik pada link atau tombol XML kecil dekat feed yang Anda inginkan. Sebagai contoh, USA.gov Update: Berita dan Fitur. Anda akan melihat halaman yang menampilkan kode XML. 
  • Dari address bar web browser Anda, salin URL (alamat web). Sebagai contoh, URL Anda akan salinan untuk USA.gov Update: Berita dan Fitur adalah: http://www.usa.gov/rss/updates.xml. 
  • Paste URL ke bagian "Add New Channel" dari pembaca. RSS feed akan mulai untuk menampilkan dan secara teratur memperbarui berita untuk Anda. 
Sumber : softwaregarden.com & usa.gov

Tidak ada komentar:

Posting Komentar